Whooila!

Whooila! adalah tempat ngobrol santai
 
IndeksIndeks  FAQFAQ  PendaftaranPendaftaran  Login  
Belum terdaftar di Forum Whooila! [Daftar Sekarang!!] // Mau Liat yang aneh-aneh?? Klik Disini!!
Warung Kopi | Lounge Pictures & Video | Gosip Yuk! | Berita dan Politik | Humor | Games | Olahraga | Khusus Dewasa | Teknologi

Panduan Member Baru: Posting Thread Baru dan Post Repply [Klik Disini!!]
Mau Akses Room Khusus Dewasa 17++ [Klik Disini!!]

Bagikan
Share | 
 

 Bikin Sendiri Kipas Angin Tenaga USB Port dari Bahan Sederhana - [Whooila!]

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
dh4nieamaly
[V.I.P Member]


Jumlah posting : 69
Points : 6452
Reputation : 0
Join date : 23.02.10
Lokasi : Citayem city

PostSubyek: Bikin Sendiri Kipas Angin Tenaga USB Port dari Bahan Sederhana   Fri Feb 26, 2010 3:25 pm

Agan-agan suka kepanasan main komputer ato leptop??
AC rusak dan suasana lagi panas2 nya dan agan pengen bersantai en ngadem tapi mesti duduk didepan leptop atau komputer untuk menyelesaikan pekerjaan??

Iseng yuk bikin kipas angin tenaga listrik yang dicolok dari USB port yang ada di komputer atau leptop kita...

Langkah 1 : Persiapan Motor Penggerak

Agan waktu kecil pernah main sama yang namanya "TAMIYA"?

kalo yang udah sering main pasti agan ga asing sama benda ini


yap,itu bahan utama nya untuk menggerakkan kipas angin..
kalo belum punya,beli aja ditempat toko mainan,yang jual tamiya juga pasti jual kok..

Langkah 2 : Bikin Baling- Baling Kipasnya

Enaknya dibuat dari bahan apa ya??hmm...
ane jelasin aja cara bikin dari tempat cd yang udah ga kepake aja ya..
(Lihat warning dibawah)

pertama ambil cd transparan yang biasa ada di tempat cd
Quote :

Lalu cd transparannya itu kita tandain pake spidol untuk bikin ruas-ruas Baling-baling kipasnya biar bentuknya jadi kayak gini

Quote :

bis itu dipotong deh pake cutter...hati2 gan,jangan sampe kena tangan.
Quote :

Untuk langkah ini,kalo agan2 sulit dapetin cd transparan,agan bisa ganti kok pake bahan lain kayak karton atau apapun..
yang penting bahan itu aman (ga terlalu tajam en ga bikin bahaya)

Oke,qta lanjut ke langkah selanjutnya.


Langkah 3 : Pasang Baling-Baling Kipasnya


Di langkah ini kita pake Gabus untuk jadi inti baling-baling kipas..
Pertama,masukin kipas2 yang udah kita bentuk tadi ke dalem gabus untuk dapetin posisi yang sekiranya pas.
Quote :

Tandain gabusnya pake spidol,dimana kita bakalan pasang baling-baling kipasnya.
Quote :

Lalu kita bikin lobang kecil dibelakang gabusnya untuk kita pasang di dinamo nanti..inget,jangan gede2 lobangnya,kecil aja..
Quote :

Lalu kita potong gabus yang udah kita tandain dan dicocokkan dengan kipas tadi..
Potongnya jangan dalem2,iris aja sepertiga dari kedalaman gabus yang sekiranya pas untuk kita masukkan kipas2 tadi
Quote :

Setelah kita iris untuk tempat gabus tadi,kita tinggal masukin tu kipas2 ke dalem lobang gabus yang udah kita buat..
jangan lupa kita lem lagi pinggiran2 gabus yang udah dipasang kipas biar tu kipas ga mental pas muter nanti..
Quote :

Tungguin kering,lalu kita lanjut ke langkah berikutnya.

Langkah 4 : Persiapan USB Cable

Kita bisa beli kabel USB di toko komputer,atau kalo kita punya kabel USB yang udah ga kepake,kita pake itu aja juga bisa.

Pertama kita potong Kabel USB sesuai dengan panjang yang kita inginkan.
Quote :



Abis itu,kita bugilin tu kabel..maksudnya,bungkus kabel USB nya kita lepas sampe cuma sisa kabel merah ama item.
inget,pas proses bugilin,jangan sampe motong terlalu dalem,nanti bisa kepotong tu kabel usb..
yang kita buang hanya bungkus kabel USB bagian luarnya saja,jangan sampe motong bagian dalemnya.
Quote :

Okeh,sementara cukup untuk langkah ini,kita lanjut gan ke langkah selanjutnya.

Langkah 5 : Memasukkan Kawat ke Kabel

Biar kabel kipas angin yang mau kita buat nanti ga letoy,kita bikin pake kawat biar nanti tu kabel bisa kita bikin stand untuk si kipas biar bisa ditaroh di meja.

Pertama kita potong 3 kawat sepanjang kabel USB yang kita buat tadi.
Quote :

Satuin 3 kawat tadi sama kabel USB,dililit aja biar 3 kawat sama 2 kabel merah item tadi jadi 1.
Quote :

Selanjutnya masukin kawat yang udah jadi satu sama kabel tadi ke dalem bungkus kabel,ato untuk alternatif bisa dibungkus pake isolasi sepanjang sisinya. cuma buat nutup kabel ama kawat aja kok biar keliatan bagusan dikit.
Quote :

Oke,kawat dan kabel yang sudah menjadi satu tadi udah kita pakein baju,Kita lanjut ke langkah berikutnya.

Langkah 6 :Pasang Dinamo/Motor

Okeh,hampir selesai nih...
kita pasang dulu kabel yang tadi ke dinamo yang udah kita persiapkan.
kita solder kabel merah sama item tadi ke dinamo/motor.
Quote :

Lalu biar bekas solderan en tempat penyambungan kabel sama dinamo nya aman en ga nyetrum2,kita bungkus aja semua dinamo tadi pake isolasi.
Quote :

Okeh,untuk langkah ini kita selesai..
Lanjut ke Langkah berikutnya.

Langkah 7 : Pasang Kipas

Langkah ini mudah..
Cukup Lem lobang di blakang gabus biar bisa nempel sama dinamo tadi..
abis di lem,pasang deh kipasnya ke dinamo,trus tunggu kering..
Quote :



Oke,kita lanjut ke langkah terakhir.

Langkah 8 : Testing

Sebenernya langkah ini udah jadi kipasnya,tapi kita bentuk aja kawatnya sesuai dengan bentuk yang kita mau agar bisa berdiri di meja.
jangan lupa di test ya gan..
Quote :

WARNING!!!
Berhubung Kipas ini ga ada helm nya (penutup baling-baling),dianjurkan untuk berhati-hati dan menggunakan bahan yang aman untuk proses pembuatan baling-baling dalam langkah diatas.


Saya kira sekian aja thread saya ini,semoga bisa bermanfaat buat agan2 biar berhemat untuk ga perlu beli kipas dan jadi kreatif.

Kipas ini memang sedikit berbahaya,maka dari itu saya bikin warning,kalo dalam prosesnya agan2 kenapa2,jangan :batabig saya ya...

Saya cuma berharap informasi ini berguna untuk agan2,siapa tau ada yang bisa bikin jadi bagus banget en bisa dijadiin bisnis jual kipas tenaga USB..lumayan kan dapet duit..hehehe..
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
 

Bikin Sendiri Kipas Angin Tenaga USB Port dari Bahan Sederhana

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Whooila! :: Bla Bla Bla :: Warung Kopi-


Free forum | © phpBB | Free forum support | Kontak | Report an abuse | Create a free blog